Sabtu, 07 Februari 2015

Review: Amnesia (2013)

Amnesia.. Hilang ingatan.. Ya, itulah yang terjadi pada tokoh utama cerita ini, amnesia.
Anime amnesia adalah adaptasi dari game visual novel dengan judul yang sama, Amnesia. Amnesia.. Amnesia.. Amnesia..


Amnesia adalah masalah pokok yang dihadapi oleh si tokoh utama, teteh cantik yang pendiam ini. Teteh ini memang tidak dirancang untuk punya nama (sepertinya), karena sepanjang cerita, tidak ada yang menyebutkan namanya dan dia sendiri tidak mengingatnya. Oke, kita sebut saja Heroine (tokoh utama wanita).

Diketahui bahwa Heroine adalah seorang mahasiswi yang bekerja sampingan sebagai waitress di cafe maid, "Meido no Shitsuji". Setelah mengalami amnesia, Heroine memiliki kemampuan untuk melihat dan berkomunikasi dengan spirit berwujud bocah laki-laki bernama Orion. Heroine mendapatkan saran dan menjadi teman ngobrolnya dalam kebingungan. Dalam kebimbangannya, Heroine berusaha untuk bisa mendapatkan lagi ingatannya yang hilang.

Pada episode 1, 4 Agusus, Heroine pingsan di cafe tempatnya bekerja, tetapi ketika ia sadar, ia tidak kenal siapapun. Amnesia. Heroine hanya memiliki serpihan-serpihan ingatan yang muncul, tetapi tetap belum bisa membantunya mengingat. Tanpa ada yang menyadari hal itu, akhirnya Heroine diantar pulang oleh dua pekerja paruh waktu lainnya, Shin dan Toma. Dari obrolan mereka, mereka bertiga adalah teman sejak kecil. Heroine yang tidak dapat mengikuti percakapan memuat orang-orang disekitarnya menjadi resah dan merasa ada yang ganjil dengan Heroine.

Tanpa mengetahui apa-apa, Heroine diberi tahu bahwa para pekerja paruh waktu di cafe tersebut akan melakukan wisata. Malamnya mereka pergi ke gunung untuk melihat hujan meteor dengan jelas. Ketika Heroine sedang ngobrol dengan Orion di belakang rombongan, tanpa sadar, ternyata Heroine telah tertinggal rombongan dan hanya berdua dengan Shin. Mengingat serpihan ingatan Heroine terhadap Shin ".. ku... sudah membunuh orang..", Heroine ketakutan dan berusaha menyelamatkan diri dari Shin. Namun, sayang.. Heroine jatuh ke dalam jurang.

Sesadarnya Heroine, ia berada di atas kasur rumah sakit dengan perban di lehernya. Shin datang menjenguknya. Namun, ada hal yang membuat ganjil.. Kalender menyatakan hari itu adalah tanggal 1 Agustus.
"Kau bengong saja, sudah bangun?"
Menghadapi keganjilan itu, Heroine hanya bisa diam, berpikir keras tentang apa yang sebenarnya terjadi.
"hm.. Sini, biar aku bangunkan kau..", kemudian, Shin mencium Heroine.

Setelah merasakan keganjilan yang ada pada dirinya terendus oleh Shin, Heroine menceritakan semuanya pada "pacar"nya itu. Shin menjelaskan bahwa Heroine jatuh ke dalam jurang karena salahnya. Namun, pada saat itu, mereka hanya pergi berdua ke atas gunung, sedang yang lainnya di dalam villa. ceritanya tidak sesuai dengan yang sebelumnya...

Setelah itu, hubungan Heroine dan Shin mendekat. Hari-hari menjadi menyenangkan. Shin terus membantu Heroine untuk mengembalikan ingatannya. Namun, di hari itu, ketika Heroine dalam pulang ke rumah.. Heroine tertabrak mobil.

Kemudian, Heroine terbangun di kamarnya, tanpa luka. Dan ia bangun pada tanggal 1 Agustus. Ia terbangun sebagai kekasih dari rekan kerjanya dari cafe Meido no Shitsuji, Ikki.

---------------------------------------------------------------------------------------------

Kisahnya terus berputar di sana.. Setelah ia terbangun sebagai kekasih satu rekan kerjanya, beberapa hari kemudian, ia kecelakaan. Kemudian terbangun baik-baik saja, sebagai kekasih rekan kerjanya yang lain (Kent dan Toma), beberapa hari kemudian ia kecelakaan lagi.Dan ia selalu terbangun pada tanggal 1 Agustus.

Menjelang akhir, Heroine tidak memiliki seorang kekasih. Hanya dengan seorang kenalan bernama Ukyo dengan kepribadian ganda yang memperingati Heroine untuk menghindari beberapa tempat "Berbahaya", katanya. Dan semua peringatan itu berhasil menyelamatkan Heroine dari kemungkinan terjadinya "kematian" Heroine yang kesekian kalinya.
Dan peringatan terakhirnya adalah "Kau akan tetap hidup jika kau selamat sampai tanggal 26 Agustus. Jangan keluar rumah sebelum tanggal itu. Dan.. setelah telpon ini ditutup, yang paling berbahaya bagimu adalah aku. Maka, jangan percaya lagi apapun yang aku katakan."



Di sinilah letak MISTERI dari AMNESIA.
Heroine terus berputar-putar dan kembali lagi ke tanggal 1 Agustus sebagai kekasih orang yang berbeda-beda. Selain itu, sifat manajer cafe, sifat rekan kerja, dan keseharian yang ia lalui pun berbeda setiap kali sang Heroine bangun dari kematiannya.

Apakah dia amnesia? Ataukah dia hanya berputar pada dimensi yang berbeda?

Kisah sepanjang 12 episode ini cukup memaksa untuk berpikir dan membuat bertanya-tanya dengan suara, "EH?!"
hehe.

-------------------------------------------------------------------------------------------

Ada yang unik dengan Amnesia, gambarnya unik.. Terutama dari penggunaan warna. Warna iris mata dan warna rambutnya. Hm.. Hm.. Semua menggunakan gabungan dua warna yang tidak biasa digunakan, bahkan untuk sebuah anime. Seperti cokelat-ungu, ungu-kuning, dll. Tapi, karena faktor itu juga yang membuat Amnesia menjadi menarik (^ u ^)
Selain itu, masing-masing tokoh yang menjadi partner dari Heroine memiliki karakter yang unik dan kuat.

Di sini, tiap tokoh yang menjadi partner dari Heroine memiliki inisial warna dan kartu-nya masing-masing. Ya, inisial kartu. Shin-> Hati (merah); Ikki-> Sekop (Biru); Kent-> Klover (hijau); Toma-> Diamond (kuning); dan Ukyo-> Joker (unknown atau.. silver?).
Karena temanya adalah kartu, maka seragam kerja mereka juga ada hubungannya dengan kartu. Ini juga yang menjadi daya tarik dari Amnesia. [kyaaaa~]

-------------------------------------------------------------------------------------------

Side story...
Mungkin ini adalah salah satu dari 1 Agustus yang terus berlalu... OVA!
Side story ini dibuat sebagai hiburan sampingan dari alur utama. Kisahnya tentang cafe Meido no Shitsuji yang sedang berusaha menghadapi cafe baru yang terletak tak jauh dari sana. Untuk dapat mengembalikan pelanggannya yang semakin berkurang, mereka mengadakan "event satu minggu". Ide-ide unik ditumpahkan selama satu minggu pada cafe itu. Sepanjang cerita, cafe Meido no Shitsuji berubah dengan tema dart day, animal day, stuffed costume day, glasses day,dll.


OVA ini memang dibuat untuk hiburan semata. Asiknya areng-bareng sama teman-teman yang akrab sambil kerja. Dan empat lelaki partner kerjanya yang jealous melihat Heroine akrab dengan pelanggan setia cafe itu, Ukyo. Dan mereka berempat berusaha untuk membuat Ukyo kapok. Hahaha. Sisi-sisi lain dari para karakter ditumpahkan di OVA.

---------------------------------------------------------------------------------------

Kyaaaaah~
Berhubung Amnesia adalah sebuah game yang katanya banyak diminati, akhirnya, pihak yang bersangkutan meluncurkan game Amnesia lanjutannya, yaitu Amnesia Later dan Amnesia Crowd. Di Amnesia Later, ceritanya berlanjut sampe nikah. Kyaaaah~ Penasaran, kan? Penasaran, kan?


---------------------------------------------------------------------------------------

Well, segitu review Amnesia-nya (^ u ^)//
Otanoshimi ni~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar