Kamis, 05 Februari 2015

Review: Shingetsutan Tsukihime

Shingetsutan Tsukihime atau Lunar Legend Moon Princess adalah anime yang diadaptasi dari visual novel ber-genre fantasi - roman. Shingetsutan Tsukihime juga diadaptasi ke dalam bentuk manga dengan judul yang sama.

Gabungan antara thriller, roman, school life, misteri, fantasi, dan keluarga membuat anime ini berhasil buat aku jadi very excited~ !!

Kisahnya berawal dari pernyataan sang tokoh utama, Tohno Shiki, yang baru sadar dari kondisi koma-nya. Dokter bilang Shiki menjadi korban kecelakaan lalu lintas dan ada kaca yang menancap pada dadanya, sehingga terdapat luka besar di dadanya. Namun, selain mendapatkan luka tersebut, Shiki menjadi bisa melihat garis-garis gaib. Garis itu hanya dapat dilihat oleh mata spesial "Pengelihatan Akan Kematian". Garis-garis itu adalah garis kehancuran yang sangat mudah diputus, bahkan dengan pisau buah sekalipun.

Shiki kemudian bertemu seseorang bernama Aoko yang memberi dia kacamata spesial yang dapat membuat Shiki tidak dapat melihat garis kematian tersebut. Sejak saat itu, Shiki terus menggunakan kacamata tersebut.
Kecelakaan yang dialami oleh Shiki membuat tubuhnya lemah dan memiliki anemia, sehingga ia sering pingsan. Oleh karena itu, orang tuanya memindahkannya ke rumah keluarga kerabatnya, Arima, untuk dirawat. Selain itu, orang tuanya tidak menjadikan Shiki menjadi penerus keluarga Tohno, melainkan adiknya, Akiha.

Cukup dengan background kehidupan Shiki.

Cerita ini dimulai dengan kehiduppan Shiki delapan tahun setelah kecelakaan itu. Shiki diminta adiknya untuk kembali tinggal di mansion keluarga Tohno untuk menemaninya sepeninggal orang tuanya. Ketika Shiki pulang lebih cepat dari sekolah karena anemia, ia melihat seorang wanita berambut pirang dan bermata merah lewat di hadapannya. Sontak membuat jantungnya berdebar lebih cepat dari biasanya, tapi ini bukan karena Shiki jatuh cinta pada pandangan pertama! Melainkan hasrat ingin membunuhnya timbul. Ia melepas kacamatanya dan mengejar wanita itu. Saat ia sadar, ia sudah di taman, dengan wanita yang telah terpotong menjadi 17 bagian di hadapannya. Kemudian Shiki pingsan di kubangan darah wanita itu.

Misteri dimulai sejak hari itu. Ia sadar di ruangannya di mansion keluarga Tohno. Pembantunya bilang bahwa Shiki ditemukan pingsan di taman sendirian. Tetapi... tidak ada bekas darah ataupun mayat di sekitarnya! Namun, esok harinya, ketika Shiki melewati taman itu lagi, wanita yang ia temui kemarin sedang duduk menanti Shiki dan tersenyum padanya. "Kau yang membunuhku kemarin.. Jahatnya kau memotong tubuhku menjadi 17 bagian. Kau harus membayar atas kematianku."
(ini Tohno Shiki versi gantengnya, huahahaha)

Wanita itu adalah Arcueid. Putri Vampir dengan darah "true ancestor". Ia datang ke bumi untuk membasmi vampir campuran (manusia yang tercampur dengan darah vampir) yang berkeliaran untuk mengisap darah manusia dan menjadikan manusia lain menjadi vampir campuran. Mengetahui adanya kemapuan spesial dengan mata Shiki, Arcueid meminta Shiki untuk membantunya dalam misinya itu, sebagai pembayaran karena telah membunuhnya. [Untuk dapat menjadikan tubuhnya utuh kembali, Arcueid menghabiskan banyak energi, sehingga ia melemah untuk bisa melawan para vampir campuran yang ingin membunuhnya].
Terjebak dalam kenyataan yang seperti mimpi, Shiki mengikuti permintaan Arcueid untuk membantunya.

Perjalanan Shiki belum berakhir. Ia harus keluar malam-malam tanpa sepengetahuan adiknya yang keras untuk menemui Arcueid setiap jam 9 malam di taman untuk membunuh para vampir campuran. Bagaimana Shiki menyembunyikan apa yang ia lakukan setiap malam dari sang adik dan pembantunya, menyembunyikan identitas Arcueid yang terus datang ke sekolahnya untuk bertemu dari teman-temannya, dan bersembunyi dari intaian kakak kelasnya, Ciel, yang tidak diketahui identitas sebenarnya.

Semua misteri ini menyatukan dua hati antara Shiki dan Arcueid yang kemudian menggoyahkan hati Arcueid untuk tidak mengonsumsi darah manusia. Pengorbanan Shiki. Kebenaran di balik luka di dadanya. Kebenaran akan keluarga Tohno.


Well, cerita Shingetsutan Tsukihime ini menarik dan membuat aku sebagai audience harus ikut berpikir apa yang sebenarnya terjadi, mimpi atau nyata?
Dengan plot maju-mundur ini membuat penonton harus menebak-nebak hubungan antara masa lalu dan masa yang akan datang. Kisahnya dirangkum dalam 12 episode anime dan 74 chapter manga. 

Dengan banyaknya adegan yang bikin hati terkejut-kejut, manga-nya spesial untuk dewasa, karena terlalu frontal gitu. Sedangkan anime-nya memang jadi kurang rasa "thrill"-nya, tapi sudah cukup lulus sensor, jadi mending nonton anime-nya daripada baca manga-nya buat yang nggak kuat.

Buat yang mau nonton, bisa tuh di-search di dengan kata kunci: Shingetsutan Tsukihime
Ini trailer-nya~


Plus-plus, nih.. OST anime ini lumayan nih. Musik-musik biola + vampir 
Ini dia versi pianonya, judulnya Justice. dari akun frippon95 di youtube, beneran, kece banget :)


Selamat menikmati sensasinya (^ u ^)//

3 komentar:

  1. Download anime nya di sini Bro https://kusonime.com/shingetsutan-tsukihime-batch-subtitle-indonesia

    BalasHapus
  2. Download komik b indo nya di mana gan

    BalasHapus