Sabtu, 19 September 2015

Review: Complex (2005)

Mengingat masa lalu... dan komik ini muncul jeng jeng jeng~
COMPLEX by Kumiko Kikuchi, terbitan tahun 2005.

Well, komik ini kayaknya kurang booming, dan tidak diadaptasi ke dalam bentuk anime, TAPI!! Komik ini adalah salah satu komik yang cukup mengobok-obok perasaan aku (HAH?)
Oke, let's start the story~

Suzuki Rin (14) tinggal di pinggiran berdua bersama kakeknya, setelah sang ibu pergi ke Tokyo untuk mencari nafkah. Namun, setelah meninggalnya sang kakek, Rin pergi ke Tokyo dengan bawaan seadanya, tanpa mengetahui di mana ibunya berada. Hanya ada satu hint bagi Rin untuk bisa menemukan ibunya. Tempat kerja sang ibu (Suzuki Miu): Tempat pemotretan.

Di tempat pemotretan itu, Rin yang datang dengan gaya yang udik dan baju olah raga sekolahnya diusih oleh petugas. Seorang model bernama Kyo, model remaja yang usianya  membantu Rin untuk masuk ke tempat yang Rin tuju. Rin melihat ibunya sedang berpose pada studio sebagai model baju renang.

Setelah diajak pulang ke kontrakan ibunya dan bersenang-senang, paginya Rin bangun dengan keadaan yang tidak terduga. Kontrakannya sudah kosong, hanya sepucuk surat yang ditinggalkan sang ibu untuknya, "Pergilah dari sini, ibu sudah berhenti menjadi model. Ibu akan hidup bersama pacar ibu di luar negeri." Masih tercengang membaca surat dari ibunya, tiba-tiba seorang mahasiswa dari agensi sang ibu datang untuk menjemput ibunya. Dia berkata bahwa Miu kabur dari agensinya sebelum kontraknya habis. Jika tidak segera kembali, agensinya akan bangkrut. Dengan terdesak, merasa kasihan dan rasa sayangnya pada sang ibu membuat Rin memutuskan untuk membantu agensi ibunya.
"Aku akan menggantikan ibu untuk menjadi model!"

Bagaimana seorang gadis 14 tahun dengan dadanya yang rata ini menjadi model baju renang untuk agensi ini? Bagaimana Rin menjalani hidup di kota besar dengan gayanya yang udik? Bagaimana Rin hidup tanpa sepeser uang? Bagaimana dengan perasaan yang timbul di hati Ri pada make up artist agensi ini?

--------------------------------------------------------------------------
Komik ini aku baca waktu masih SMP. Ngepas banget sama usia aku saat itu. Oleh karena itu, aku bisa belajar untuk memahami bagaimana kehidupan seorang anak usia 14 tahun secara nyata. Bagaimana hidup tanpa orang tua di desa. Bagaimana hidup dengan bayang-bayang hutang orang tua. Bagaimana hidup memisahkan kerja dan perasaan pribadi.

Nice work, nice story ^^

Tada, Kimi wo Aishiteru (2006)

Film berjudul "Tada, kimi wo aishiteru" atau berarti "aku hanya mencintaimu" ini memiliki judul alternatif, yaitu "Heavenly Forest". Film ini dirilis pada tahun 2006 di Jepang.

Cerita ini menceritakan tentang seorang mahasiswa penyendiri yang menyukai fotografi, kemana pun ia pergi ia selalu membawa kamera, Segawa Makoto. Ia terkadang bela-belain bolos kelas buat foto-foto. Dunianya berubah ketika tiba-tiba bertemu dengan seorang gadis cupu yang selalu ingusan yang berusaha nyebrang di zebra cross yang nggak pernah diperhatikan orang (ga ada yang mau berhenti). Gadis itu ternyata adalah mahasiswa seangkatan dia yang punya jurusan yang sama, Satonaka Shizuru. Setelah lihat Makoto masuk ke hutan terlarang, Shizuru ikutan masuk dan jadi suka ngikutin Makoto.

Makoto yang selalu pake salep anti gatal ini sangat khawatir dengan aroma salep yang dia pake, takutnya malah bikin bau, makanya dia selalu menyendiri. Makoto sangat kaget waktu Shizuru nempel terus sama dia. "Kamu jangan dekat-dekat, aku ini bau."
Dan jawaban Shizuru adalah "Aku ini pilek akut, jadi kamu ga perlu khawatir."
Jawaban itu membuat Makoto tenang, karena Shizuru tidak terganggu sama dia. Padahal salepnya nggak bau, hehe). Shizuru juga memiliki suatu penyakit yang membuatnya harus terus meminum obat untuk bisa berumur panjang, karena obat itu juga maka tubuhnya tidak bisa tumbuh dewasa seiring dengan bertambah usianya. Ia bilang bahwa ia akan meninggal apabila ia jatuh cinta.

Kebersamaan ini membuat Shizuru selalu bilang bahwa ia menyukai Makoto, tapi nggak pernah ditanggapi Makoto dengan serius. Alasannya karena Shizuru sangat kekanak-kanakan dengan penampilan yang bocah banget. Selain itu, Makoto juga memiliki orang yang dia suka, Toyama Miyuki, seorang mahasiswa yang cantik dan modis.

Cerita berubah setelah Shizuru memutuskan untuk minggat dari rumah, kemudian ditampung oleh Makoto di kostannya. Shizuru semakin sering bilang "Suatu hari kau akan menyesal telah menolak cewek secantik aku," karena selalu ditolak oleh Makoto. Kemudian ketika Makoto tau bahwa Shizuru minggat dari kostannya tanpa jejak. Lalu dalam beberapa tahun, Makoto menemukan pameran foto karya Shizuru di Amerika. Bagaimana Makoto menemui Shizuru? Apa alasan Shizuru meninggalkan Makoto tanpa pesan?

--------------------------------------------------------------------------------
Ceritanya secara keseluruhan punya genre roman remaja yang diangkat dari novel berjudul Renai Shashin: Mou Hitotsu no Monogatari (Collage of Our Story: Another Story) karya Ichikawa Takuji. Ceritanya nggak bikin banyak mikir kayak di film detektif, nggak banyak konflik kayak sinetron, dan menyenangkan, karena terbilang berbeda dari cerita roman pada umumnya. (+) siap-siap menyesal

Nice movie ^^